Wilujeng Sumping Di Desa Girimukti Kec. Singajaya Kab. Garut Propinsi Jawa Barat

Masih Ada Kades Tak Mengerti Dirinya Dipilih Masyarakat

Selasa, 31 Januari 2012

Selama ini masih ada kepala desa yang tidak mengerti bahwa dirinya dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat banyak yang tidak terlayani. Untuk itu dalam menjalankan program pembangunannya, seorang kepala desa harus mempunyai orientesi pada jiwa pengabdian.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Garut H. Aceng HM Fikri,S.Ag sat melantik 6 kepala desa, di gedung LEC (31/1) kamis siang. Hadir Sekretaris Daerah Garut H. Iman Alirahman,SH,M.Si, Anggota DPRD Garut Dadan Hidayatulloh, Ketua APDESI Asep Hamdani, serta para kepala SKPD dan para pendukung Kepala Desa terpilih.

Selain itu menurut Bupati, seorang kepala desa harus mempunyai rencana yang matang dalam melaksanakan program pembangunan, kepala desa harus mampu melibatkan masyarakat. Keterlibatannya diperlukan untuk memperolah dukungan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. Seorang Kepala desa juga harus berorientasi pada hukum dan aturan. Amankan program dengan ketentuan yang berlaku serta berjiwa amanah. Hal tersebut diperlukan untuk terciptanya kebenaran secara hukum dan keadilan bagi para pelaku pembanguan dan masyarakat.

Dalam pengelolaan pembangunan di desa, Kepala desa harus mempunyai orientasi yang maksimal sesuai dengan rencana dan ketentuan yang ditetapkan. Kepala desa tidak harus berpikir untuk mencari keuntungan dalam setiap pelaksanaan pembangunan.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan, bahwa sebagai aparat pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat, salah satu tugas pokok kepala desa adalah pelayanan publik. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepala desa dituntut untuk bersikap adil kepada setiap orang tanpa memandang siapa dan apa kedudukannya, apakah itu pendukung atau bukan. Terpilihnya seseorang sebagai kepala desa, memberikan harapan besar di masyarakat bahwa pelayanan yang mereka terima akan lebih baik dari sebelumnya.

Menurutnya, Kesan terhadap pelayanan publik selama ini, digambarkan jauh dari efektif dan efesien. untuk menciptakan pelayanan publik sesuai dengan harapan, maka dalam menjalankan tugasnya seorang kepala desa harus dilandasi dengan dedikasi, loyalitas dan disiplin yang tinggi. Aspek-aspek tersebut sangat penting untuk di terapkan, mengingat saat ini masyarakat sangat kritis terhadap kinerja lembaga pemerintahan di semua tingkatan.

Sebagai lembaga pemerintahan yang berada di garis terdepan, penilaian terhadap aparat pemerintah desa dapat berpengaruh terhadap penilaian pemerintah secara umum. Untuk itu kepada seluruh jajaran pemerintahan desa, agar menunjukan bahwa sebagai pelayan masyarakat maka kepentingan masyarakat menjadi prioritas dalam bekerja,ajak Bupati Aceng.

Bupati juga mengingatkan, dalam menjalankan tugas penyelenggaraan urusan pembangunan, kepala desa dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan SDM yang dimiliki. Kepala desa harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah yang diterima oleh desa. Sinergitas diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam urusan pembangunan. Sinergitas juga diperlukan untuk menciptakan keadlian antar wilayah ditingkat desa.

Berikut para kepala Desa yang dilantik: Pendi Ependi, kepala Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang; Udin Holidin, Kepala Desa Sanding Kecamatan Malangbong; Solihin, Kepala Desa Jayamekar Kecamatan Pakenjeng; Badrusalam, Kepala Desa Depok Kecamatan Pakenjeng; A. Yusuf Supriatna, Kepala Desa Simpang Kecamatan Cibalong; Gunawan Taufik Nurjaman, Kepala Desa Karamat Wangi Kecamatan Cikajang.

Sumber : garutkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
"NIKMATI AROMA MANTAP DARI TEH HIJAU PD NUGRAHA GIRIMUKTI"