Wilujeng Sumping Di Desa Girimukti Kec. Singajaya Kab. Garut Propinsi Jawa Barat

PNPM MANDIRI

Senin, 21 Juni 2010



Ada beberapa catatan kecil tentang Pelaksanaan Program PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Girimukti khususnya yang dilaksanakan pada Tahun 2008. So...sorry untuk tahun 2009 dan 2010 ini admin tidak memiliki data yang akurat, tajam dan terpercaya. Hal ini sengaja tidak dapat dipostingkan karena admin belum memiliki data yang credible sehingga tidak menimbulkan bayes (bias) bagi para pembaca.

IN MEMORIAM PNPM MANDIRI TAHUN 2008
(File Yang Tersisa dari Ekspektasi Semu)




Kegiatan Swadaya Masyarakat

Kegiatan Swadaya Masyarakat merupakan modal unggulan pelaksanaan PNPM di Desa Girimukti. Kesadaran warga masyarakat untuk melaksanakan swadaya ini menjadi tolak ukur pertama dan utama suksesnya pelaksanaan PNPM Mandiri Tahun 2008.

Yang paling membanggakan selama masyarakat melaksanakan Swadaya mereka tidak henti-hentinya mengumandangkan yel-yel slogan PNPM Mandiri yaitu :

BANGKIT BERSAMA

UNTUK MANDIRI ....JRENG...JRENG....JRENG

Desa Girimukti Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut, merupakan salah satu Desa yang mendapatkan alokasi Dana PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2008. Untuk Tahun 2008 PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Girimukti alokasi dana fisiknya digunakan untuk membangun : Bendungan, Saluran Irigasi, Talang Air dan Tembok Penahan Tanah (TPT). Sedangkan alokasi dana perekonomian berupa Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tidak dianggarkan mengingat masih ada beberapa kelompok yang belum melunasi utang piutang sampai jatuh tempo yang dijadwalkan.

Pelaksanaan pembangunan fisik dimulai pada Bulan tanggal 18 Oktober dan selesai pada tanggal 10 Bulan Desember 2008. Keberhasilan Program PNPM MP Tahun 2008 di Desa Girimukti tidak terlepas dari kekompakan dari para pelaku TimPengelola Kegiatan (TPK) diantaranya : ICANG DAHLAN, S.Pd. (Ketua), SURYANA, S.Pd. (Sekretaris) dan TATANG HERMANSYAH, S.Pd. (Bendahara). Sedangkan Kader Desa dipegang oleh AWAN PERMANA, SE dengan dukungan penuh dari KPMD Laki-Laki DEVI RAMADHAN dan KPMD Perempuan ADE ROSTIKA. Selain itu dukungan penuh dari Kepala Desa Girimukti UJAM JAELANI, PjOK Kec. Singajaya Bapak ATING SUTISNA, FK dan FT Bapak AGUS RAHMAT, SE dan Bapak Ir. SUBHAN MULYANA serta kemudahan dukungan administrasi dari Ketua UPK Kec. Singajaya Bapak ERWAN SUTIARSYAH, S.Ak. beserta staf. Dari semua itu dukungan yang tidak ternilai harganya yaitu adanya partisipasi kegiatan swadaya yang dilaksanakan oleh warga masyarakat (inzet : foto).

Namun demikian ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu kendala yang pada akhirnya berbalik arah positif sebagai pemicu semangat semua pelaku TPK khususnya Ketua TPK yaitu tersedianya aset yang tiada terhingga dengan kemunculan seorang perempuan yang cantik rupawan. Lebih okenya lagi status perempuan tersebut adalah seorang widow alias janda. Feed Back dari fenomena tersebut dinginnya cuaca tatkala hujan dan teriknya mentari ketika kemarau sama sekali tidak menyurutkan agresifitas Ketua TPK untuk selalu menyambangi lokasi PNPM meski dengan konsep lain yaitu sambil mengoreksi atau men-tif-ex hasil pekerjaan yang masih dirasakan cacat atau tidak sesuai dengan RAB (sunat kalampah pardu kalakon cenah .... he...he...)

Akhirnya kami selaku TPK Girimukti dan crew menghaturkan terima kasih, wabil khusus kepada Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan lahir dan bathin untuk dapat menyelesaikan Program PNPM Mandiri Tahun 2008 ini sesuai dengan yang direncanakan. Secara habuluminanas wabil khusus kepada Bapak FK & FT, Ketua PjOK, serta Ketua UPK Kecamatan Singajaya beserta staf yang telah memfasilitasi kami dan memberikan kemudahan dalam pengadministrasian. Semoga Allah SWT memberikan imbalan pahala yang berlipat. Amiin Ya Robbal Alamin. Cag ... !!! (Izoer's Production)

0 komentar:

Posting Komentar

 
"NIKMATI AROMA MANTAP DARI TEH HIJAU PD NUGRAHA GIRIMUKTI"