Wilujeng Sumping Di Desa Girimukti Kec. Singajaya Kab. Garut Propinsi Jawa Barat

PIDATO PRESIDEN SBY INDONESIA TERUS BERJUANG MERDEKA DARI KORUPSI

Selasa, 17 Agustus 2010



Sumber : DEPDAGRI

"Arti kemerdekaan kita di Abad ke-21, juga mempunyai dimensi yang lebih luas dan kompleks," kata Presiden ketika menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-65 di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (16/8) pagi. Presiden mengatakan apabila dahulu kemerdekaan merupakan bentuk perlawanan terhadap kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan maka sekarang arti kemerdekaan mengalami perluasan makna.

Namun, lanjut Kepala Negara, di atas semua itu peringatan tentang kemerdekaan juga mengingatkan pada hakikat kemerdekaan jika nasib bangsa berada di tangan sendiri.

Ia menegaskan, apakah Indonesia akan menjadi bangsa yang unggul di Asia atau menjadi sebuah negeri dengan demokrasi yang rapuh, semua itu sepenuhnya adalah konsekuensi dari pilihan dan tanggung jawab bangsa Indonesia.

"Kalau kita gagal, kita tidak bisa menyalahkan orang lain. Kalau kita berhasil, itu sepenuhnya karena jerih payah kita sendiri," kata Presiden.

Dalam Sidang Bersama pertama yang dilaksanakan di era reformasi itu, Kepala Negara mengatakan, kini setelah 65 tahun merdeka dan mengalami tiga peralihan generasi dengan segala pasang surutnya, Indonesia memasuki Abad ke-21 dalam kondisi yang lebih kokoh.

Selama 1998 hingga 2008 Indonesia, kata Presiden, juga telah melalui proses reformasi gelombang pertama dengan selamat sekalipun sarat dengan tantangan dan persoalan yang berat.

"Dalam sepuluh tahun pertama reformasi itu, kita telah melangkah jauh dalam melakukan transisi demokrasi," katanya.

Indonesia telah membongkar dan membangun serta melakukan rekonstruksi dan rekonstruksi terhadap tatanan dasar kehidupan politik, sosial, hukum dan ekonomi.

Di awal pidatonya Presiden Yudhoyono merujuk forum Sidang Bersama itu sebagai forum yang istimewa karena merupakan Sidang Bersama DPR-DPD yang pertama yang dilaksanakan di era reformasi.

Berdasarkan Pasal 199 dan Pasal 268 UU 27/2009, tahun 2010 ini Pidato Kenegaraan Presiden menyambut HUT ke-65 kemerdekaan RI untuk pertama kalinya dilaksanakan dalam Sidang Bersama DPR-DPD. (Ant/X-11)

0 komentar:

Posting Komentar

 
"NIKMATI AROMA MANTAP DARI TEH HIJAU PD NUGRAHA GIRIMUKTI"